Kamis, 15 Oktober 2009

Israel Peringatkan Hisbullah

Israel peringatkan Hizbullah
Sumber BBC Indonesia
Hasil rekaman pesawat tak berawak Israel
Israel menyatakan punya bukti roket dipindahkan
Presiden Israel menyatakan Hizbullah telah mengubah Libanon menjadi "tong mesiu" sesudah ledakan di rumah anggota kelompok itu dekat Tyre hari Senin.

Shimon Peres mengatakan, kelompok Islam Syiah itu mencegah negara itu menjalin perdamaian dengan Israel dan kemungkinan menjadi "Swiss di Timur Tengah".

Sebelumnya militer Israel menyiarkan video yang seolah-olah menunjukkan amunisi dipindahkan dari rumah itu sesudah ledakan.

Namun militer Hizbullah dan Libanon menyatakan seorang warga cedera.

Militer dan pasukan penjaga perdamaia di Libanon selatan sedang menyelidiki apakah gedung itu mungkin digunakan untuk menyimpan senjata sehingga melanggar Resolusi PBB No 1701.

Resolusi itu mengakhiri perang antara Israel dan Hizbullah tahun 2006.

Lebih dari 1.200 warga Libanon yang sebagian besar sipil tewas selama konflik 34 hari serta 160 orang Israel yang sebagian besar tentara.

Penduduk di desa Tayr Filsi, yang terletak di selatan jalur Sungai Litani menyebutkan, anggota Hizbullah Abdel Nasser Issa menemukan sebuah roket dekat rumahnya hari Senin.

Dia berusaha melucutinya di gudang dia ketika roket itu meledak.

Namun Selasa malam, militer Israel menyiarkan video yang diambil dari pesawat tak berawak yang dikatakan menunjukkan beberapa roket dikeluarkan dari rumah Issa setelah ledakan.

"Hizbullah mengubah Libanon menjadi tong mesiu," ujar Peres.

"Bukan Israel yang membahayakan Libanin namun Hizbullah seperti Hamas membayahakan Palestina," katanya.

Anggota parlemen dari Hizbullah, Hussein Haj Hassan mengatakan ke kantor berita Associated Press bahwa Israel membesar-besar insiden itu "demi kepentingan politik".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified