Selasa, 16 Februari 2010

Peraih Nobel 2009

Oktober merupakan bulan penting bagi ilmu pengetahuan karena bertepatan dengan penyerahan Hadiah Nobel. Penghargaan itu akan dimulai pada 5 Oktober dengan pengumuman bidang fisiologi dan kedokteran. Siapa saja nominasinya?

Tiap tahun Thomson Reuters melakukan prediksi siapa yang akan mendapat hadiah Nobel di bidang kedokteran, fisika, kimia dan ekonomi. Dan prediksi dari lembaga itu sering kali terbukti benar.


Sejak 2000, 22 calon yang disebut Thomson Reuters benar-benar menang, tiga di antaranya di tahun mereka sedang naik daun. Seperti Roger Tsien yang berbagi hadiah Nobel Kimia untuk penemuan protein green fluorescent dan Sir Martin Evans, Mario Capecchi serta Oliver Smithies yang berbagi hadiah kedokteran pada 2007 untuk konstribusinya dalam bidang binatang transgenik serta penciptaan tikus tak sadarkan diri.


Tahun ini Thomson Reuters di bidang kedokteran menyebut enam ilmuwan di tiga bidang riset sebagai yang paling terdepan. Elizabeth Blackburn, Carol Greider dan Jack Szostak bisa jadi akan mendapat penghargaan untuk karyanya yang berhubungan dengan telomeres dan telomerase yang memainkan peran penting dalam menghambat penuaan dan kanker.


James Rothman dan Randy Schekman juga dihargai karena kepopulerannya dalam penelitian pengantaran membran sel. Sedangkan Seiji Ogawa bisa mendapat penghargaan atas karyanya di bidang Magnetic Resonance Imaging yang mengubah ilmu syaraf.


Di bidang kimia, calon terkuat adalah Michael Gratzel, untuk penemuannya di bidang sel surya. Sedangkan Jacqueline Barton, Bernd Giese dan Gary Schuster bisa berbagi hadiah untuk penelitian transfer elektron di DNA. Calon kuat lain adalah Benjamin List dalam pengembangan katalis organic asimetris.


Di bidang fisika, Thomson Reuters menjagokan Yakir Aharonov dan Sir Michael Berry menyangkut efek Aharonov-Bohm. Juan Ignacio Cirac dan Peter Zoller berkesempatan memenangkan penghargaan di bidang quantum optics dan quantum computing. Calon lain adalah Sir John Pendry, Sheldon Schultz dan David Smith, untuk prediksi dan penemuan di bidang lensa negatif.


Di bidang ekonomi kandidat teratas adalah Ernst Fehr dan Matthew Rabin untuk kontribusinya di bidang perilaku ekonomi. Sedangkan William Nordhaus dan Martin Weitzman dikenal dengan karyanya di bidang ekonomi lingkungan terutama perubahan iklim. Sementara John Taylor, Jordi Gali dan Mark Gertler merupakan calon di bidang penelitian kebijakan moneter.


Hadiah Nobel dikelola oleh lembaga yang terdiri dari ilmuwan dan badan khusus di Swedia serta komite yang dipilih oleh Parlemen Norwegia untuk memilih pemenang nobel perdamaian.


Lembaga itu mengundang nominasi sebelumnya bersama dengan profesor dari universitas terpilih. Khusus untuk nobel perdamaian, pejabat pemerintah serta anggota parlemen di seluruh dunia juga bisa diajukan sebagai nominator.


Setelah bidang bidang fisiologi dan kedokteran diumumkan pada 5 Oktober, penghargaan fisika akan diberikan pada 6 Oktober, kimia pada 7 Oktober, perdamaian pada 9 Oktober dan ekonomi pada 12 Oktober.


Pengumuman dilakukan pada Oktober namun penghargaan selalu dirayakan pada 10 Desember sebagai tanggal kematian Alfred Nobel pada 1896. Ia merupakan industrialis Swedia yang mendirikan penghargaan itu.


Lalu siapa yang akan menang? Anggota komite jarang sekali mendiskusikan pilihannya ke publik. Bahkan runner up yang kalah baru diumumkan setelah 50 tahun. Sementara pemenangnya selain mendapat berbagai penghargaan juga mendapat uang senilai US$ 1,4 juta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified